Pengujian Kualitas Daging Sapi dan Daging Ayam Di Pasar Dukuh Kupang Barat Kota Surabaya

Main Article Content

Freshinta Jellia Wibisono

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan daging sapi dan daging ayam yang semakin meningkat menyebabkan produsen daging sapi dan daging ayam harus memperhatikan kualitas daging yang siap dipasarkan sehingga daging menjadi aman, sehat, utuh, dan halal saat dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas daging sapi dan daging ayam yang dijual di pasar Dukuh Kupang Barat kota Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak 4 sampel daging sapi dan 4 sampel daging ayam dan segera dibawa ke laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya untuk dilakukan pengujian kualitas daging yaitu pemeriksaan organoleptik (uji warna, bau, dan konsistensi), pengukuran nilai pH, pemeriksaan cooking loss, serta pemeriksaan awal pembusukan daging dengan uji eber dan uji postma. Hasil dari pemeriksaan kualitas daging ayam maupun daging sapi pada penelitian ini menunjukkan bahwa daging ayam maupun daging sapi adalah daging segar dan belum terdapat tanda kebusukan, meskipun sudah terdapat tanda awal proses pembusukan, hal ini menunjukkan bahwa daging tersebut merupakan daging yang memiliki kualitas yang cukup bagus sehingga daging tersebut aman untuk dikonsumsi.

Keywords:
Kualitas Daging, daging sapi, daging ayam
References
Abarele, E.D. Forrest, H.B. Hendrick, M.D. Judge dan R.A Merkel. 2001. Principles of meat science. W.H. Freeman and Co. San Fransisco.

Abustam, E. 2009 Penyediaan Daging. http://cinnatalemienoeabustam.com 10 maret 2011.

Lawrie, R.A. 2003. Lawrie’s Meat Science 6th edition. Terjemahan A. Paraksi dan A. Yudha. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta

Nurwantoro. 2003. Buku ajar dasar teknologi hasil ternak. Semarang : Universitas Diponegoro

Prawesthirini, S. H.P. Siswanto. A.T.S. Estoepangestie. M.H. Effendi. N. Harijani. G.C. de vries. Budiarto. E.K. Sabdoningrum. 2009. Analisa Kualits Susu, Daging dan Telur cetakan kelima. Universitas Airlangga. Surabaya.

Soeparno. Indratiningsih, S. dan Rahastuti. 1998. Dasar Teknologi Hasil Ternak. Jurusan Teknologi hasil Ternak. Fakultas Peternakan. Uniersitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Winarno, F.G 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta : PT. Greamedia Pustaka Utama.

Article Details